Tugas Strategi Pembelajaran ( Laporan Simulasi Trik dan Taktik Mengajar "PASAR")
Laporan Simulasi
Trik dan Taktik Mengajar
“PASAR”
Pendahuluan
Trik dan Taktik mengajar Pasar
merupakan kegiatan yang dilaksanakan melalui serangkayang tahap yang dibatasi
oleh waktu ketat. Jumlah tahapan dan abatasan waktu dari masing-masing tahapan bervariasi
berdasarkan topiknya, kerumitan materi dan kesiapan siswa.
Tulis urutan batas waktu dari
tahap-tahap dipapan tulis atau OHP agar siswa dapat mengikuti kegiatan dengan
mudah.
Sediakan gong atau bel yang akan
menandakan awal dan akhir tiap-tiap tahap. Ditengah-tengah tahap, beri tahu
siswa beberapa banyak waktu yang tersisa.
Tahapan-tahapan dan hasil Simulasi dari Trik dan
Taktik Mengajar Pasar
Tahap I (1 menit)
Tunjukan kepada siswa tujuan
pelajaran dan tes yang akan mereka hadapi. Beri mereka satu menit saja untuk
membaca seluruh teks kemudian matikan. Mereka tidak diperbolehkan mencatat.
Pastikan mereka memahami bahwa mereka akan menghadapi.
Ø Simulas Tahap I
Guru membagi siswa dalam tiga
kelompok yang telah ditentukan. Kemudian guru menberikan materi berupa teks
yang menjadi pokok bahasan mereka masing-masing, waktu yang diperlukan untuk
membaca materi yang diberikan oleh guru hanya 1 menit saja. Materi yang akan
dibahas adalah organel-organel sel. Kemudian guru memberi tahu siswa akan ada
tes di tahap 5.
Tahap II (15
menit)
Tiap kelompok mengubah materi sumber
untuk sub divisinya ke dalam tampilan visual, sebuah “poster”, yang menggunakan
kertas besar dan spidol. Poster tersebut harus dirancang untuk dilihat dan
dipahami pengunjung (di tahap III) . poster ini bisa memiliki hingga sepuluh kata dan tidak lebih (
sesuai menurut materi, tetapi jangan biarkan terlalu banyak kata tatu aktivitas
akan ini akan rusak). Kelompok dianjurkan menggunakan sebanyak mungkin angka,
diagram, simbol, gambar, grafik, kartun, sketsa dan huruf inisial, tetapi
tidaklebih dari sepuluh kata.
Mendekati akhir tahap ini berikan
mereka persyaratan minimum. Ini merupakan detail spesiik yang harus dimasuan
dlam poster yang akan memastikan bahwa pengunjung mendapatkan akses ke
informasi yang benar untuk tes.
Ø Simulasi Tahap II
Dalam tahap yang kedua ini, guru mermberikan
waktu kepada sisiwa untuk menulis materi yang telah dipahami kedalam poster.
Dan tidak boleh lebih dari sepuluh kata. Namun karena tidaka ada poster
disesuaikan dengan menggunakn kertas hafehes saja.
Poster
kelompok I Poster
kelompok II


Poster kelompok
III
Tahap III (10 menit)
Sekarang kelompok hanya mempunyai informasi yang terdapat
dlam poster dan diusahakan semua anggota dapat memahami informsia dalam poster
tersebut.
Selanjutnya tiap anggota kelompok menentukan satu
anggotanya saja untuk menjaga stand. Anggota lainnya pergi keluar ke “Pasar”
untuk mengali informasi dari kelompok lain. penjaga stand mempromsikan atau
mengiklankan poster dan menjelaskan informasi yang ada dlam poster. Penjaga
stand juga hanya diisinkan untuk menjwab pertanyaan dari pengunjung. Mereka
semua harus mencatat sehingga mereka
dapat mengajar kelompoknya secara efektif pada tahap 4. Tugas mereka adalah mencoba
untuk memahami poster dari kelompok lain.
Ø Simulasi Tahap III
Kelompok satu, kelompok dua dan keolmpok tiga mulai
menentukan siapa yang akan menjaga stand dan siapa yang akan pergike pasar dan
mengali informasi dari kelompok lain. setiap anggota kelompok yang pergi ke
pasar untuk mencari informsi harus betul-betul memahami apa yang telah
ditawarkan oleh penjaga stand lainnya. Dalam hal ini materi yang telah dibahas
dalam poster tentang oraganel-organel sel.
Pada saat anggota kelompok yang pergi ke pasar ada yang
kuarang mengerti tentang tahap yang akann dijalani saat ini sehingga saya
sebagai guru harus memberikan penjelasn dan petunjuk kepada siswa apa yang akan
dilakukan di tahap ini.
Tahap IV (10 menit)
Semua kembali ke stand maisng-maisng. Mereka yang pergi
ke pasar untuk meneliti informsi sekarang bergantian mengajar apa yng tela
mereka ketahui. Siswa dapat kembali untuk meliahat poster atatu mengajukan
pertanyaan cepat untuk mengecek detail. Tujuannya dalah gar setiap orang
diakhir tahap siap untuk tes meskipun tidak semua informasi yang mereka
dapatkan akan dihadapi dalam tes.
Ø Simulasi Tahap IV
Kelompok satu lalu pergi kembali ke standnya begitu pula
kelompok dua dan tiga. Mereka kembali ke stand untuk menjelaskan apa yang telah
merekakerahu secara bergantian.
Kelompok satu terlihat
mulai menjelakan materi yang telah di dapat dari pasar kepad penjaga stand yang
anggota kelompok lain. kelompok satu mulai menjelaskan informasi tentang apa
itu Mitokondria,
Ribosom, Membran sel, Badan golgi dan Lisosom. Begitu pun kelompok dua dan tiga
mereka menjelaskan materi-materi organel sel yang tidak ada dlam poster mereka.
Dan kempbali melihat poster mereka masing-masing.
Tahap V ( 10 menit)
Semua catatan, poster dan materi sumberorisinil disingkirkan.
Tes ini dilakukan dibawah kondisi ujian, secara individu dan tenang.
Ø Simulasi Tahap V
Guru memberikan tes berupa
pertanyaan-pertannya seputar materi yang telah diketahu oleh siswa dalam
poster-poster yang ada. Bunyi pertanyaan seperti apa itu Membran sel dan
fungsinya, apa itu nukleus beserta fungsinya, dan lain-lain seputar materi yang
telah dibahas dalam poster-poster yang ada.
Tahap VI ( 5 menit)
Dalam tiap kelompok siswa sekarang
menggabungkang pikiran mereka bersama untuk untuk melihat jika mereka dapat
memperoleh jawaban yang lengkap dan akurat di antaera mereka. Penting bahwa mereka
tidak tahu tahap ini diawal.
Akhirnya, guru mebahas tes, dengan
perhatian pada pertanyaan-pertanyaan yang pada umumnya dianggap sulit oleh
kelompok. Untuk tiap pertanyaan sulit guru mrminta sukarelawan untuk mencoba
menjawabnya.
Ø Simulasi Tahap V
Pada tahap ini siswa memberikan
pikiran-pikiran tentang materi yang telah dibahas kemudian menyimpulka materi
yang telah dibahas.
Ada siswa tidak memahami materi yang
telah dibahas lalu guru mulai menerangkannya.
Komentar
Posting Komentar