Tugas Strategi Pembelajaran ( Laporan Simulasi Trik dan Taktik Mengajar "PASAR")

Laporan Simulasi Trik dan Taktik Mengajar
“PASAR”
Pendahuluan
            Trik dan Taktik mengajar Pasar merupakan kegiatan yang dilaksanakan melalui serangkayang tahap yang dibatasi oleh waktu ketat. Jumlah tahapan dan abatasan waktu dari masing-masing tahapan bervariasi berdasarkan topiknya, kerumitan materi dan kesiapan siswa.
            Tulis urutan batas waktu dari tahap-tahap dipapan tulis atau OHP agar siswa dapat mengikuti kegiatan dengan mudah.
            Sediakan gong atau bel yang akan menandakan awal dan akhir tiap-tiap tahap. Ditengah-tengah tahap, beri tahu siswa beberapa banyak waktu yang tersisa.

Tahapan-tahapan dan hasil Simulasi dari Trik dan Taktik Mengajar Pasar

Tahap I  (1 menit)
            Tunjukan kepada siswa tujuan pelajaran dan tes yang akan mereka hadapi. Beri mereka satu menit saja untuk membaca seluruh teks kemudian matikan. Mereka tidak diperbolehkan mencatat. Pastikan mereka memahami bahwa mereka akan menghadapi.
Ø  Simulas Tahap I
            Guru membagi siswa dalam tiga kelompok yang telah ditentukan. Kemudian guru menberikan materi berupa teks yang menjadi pokok bahasan mereka masing-masing, waktu yang diperlukan untuk membaca materi yang diberikan oleh guru hanya 1 menit saja. Materi yang akan dibahas adalah organel-organel sel. Kemudian guru memberi tahu siswa akan ada tes di tahap 5.

Tahap II (15 menit)
            Tiap kelompok mengubah materi sumber untuk sub divisinya ke dalam tampilan visual, sebuah “poster”, yang menggunakan kertas besar dan spidol. Poster tersebut harus dirancang untuk dilihat dan dipahami pengunjung (di tahap III) . poster ini bisa memiliki hingga sepuluh kata dan tidak lebih ( sesuai menurut materi, tetapi jangan biarkan terlalu banyak kata tatu aktivitas akan ini akan rusak). Kelompok dianjurkan menggunakan sebanyak mungkin angka, diagram, simbol, gambar, grafik, kartun, sketsa dan huruf inisial, tetapi tidaklebih dari sepuluh kata.
            Mendekati akhir tahap ini berikan mereka persyaratan minimum. Ini merupakan detail spesiik yang harus dimasuan dlam poster yang akan memastikan bahwa pengunjung mendapatkan akses ke informasi yang benar untuk tes.
Ø  Simulasi Tahap II
            Dalam tahap yang kedua ini, guru mermberikan waktu kepada sisiwa untuk menulis materi yang telah dipahami kedalam poster. Dan tidak boleh lebih dari sepuluh kata. Namun karena tidaka ada poster disesuaikan dengan menggunakn kertas hafehes saja.
           
            Poster kelompok I                                           Poster kelompok II
Text Box: • Mitokondria
Sumber energi pada sel.
• Ribosom 
Sintesis protein.
• Membran sel
Selaput .
Text Box: • Sitoplasma
Berupa cairan.
• Nukleus 
Inti sel.
• Retikulum Endoplasma
Terdapat ribosom.


           

           











Poster kelompok III

Text Box: • Badan Golgi
Mengeluarkan protein.
• Lisosom 
tempat digesti seluler.











Tahap III (10 menit)
            Sekarang kelompok hanya mempunyai informasi yang terdapat dlam poster dan diusahakan semua anggota dapat memahami informsia dalam poster tersebut.
            Selanjutnya tiap anggota kelompok menentukan satu anggotanya saja untuk menjaga stand. Anggota lainnya pergi keluar ke “Pasar” untuk mengali informasi dari kelompok lain. penjaga stand mempromsikan atau mengiklankan poster dan menjelaskan informasi yang ada dlam poster. Penjaga stand juga hanya diisinkan untuk menjwab pertanyaan dari pengunjung. Mereka semua harus mencatat  sehingga mereka dapat mengajar kelompoknya secara efektif pada tahap 4. Tugas mereka adalah mencoba untuk memahami poster dari kelompok lain.
Ø  Simulasi Tahap III
            Kelompok satu, kelompok dua dan keolmpok tiga mulai menentukan siapa yang akan menjaga stand dan siapa yang akan pergike pasar dan mengali informasi dari kelompok lain. setiap anggota kelompok yang pergi ke pasar untuk mencari informsi harus betul-betul memahami apa yang telah ditawarkan oleh penjaga stand lainnya. Dalam hal ini materi yang telah dibahas dalam poster tentang oraganel-organel sel.
            Pada saat anggota kelompok yang pergi ke pasar ada yang kuarang mengerti tentang tahap yang akann dijalani saat ini sehingga saya sebagai guru harus memberikan penjelasn dan petunjuk kepada siswa apa yang akan dilakukan di tahap ini.

Tahap IV (10 menit)
            Semua kembali ke stand maisng-maisng. Mereka yang pergi ke pasar untuk meneliti informsi sekarang bergantian mengajar apa yng tela mereka ketahui. Siswa dapat kembali untuk meliahat poster atatu mengajukan pertanyaan cepat untuk mengecek detail. Tujuannya dalah gar setiap orang diakhir tahap siap untuk tes meskipun tidak semua informasi yang mereka dapatkan akan dihadapi dalam tes.
Ø  Simulasi Tahap IV
            Kelompok satu lalu pergi kembali ke standnya begitu pula kelompok dua dan tiga. Mereka kembali ke stand untuk menjelaskan apa yang telah merekakerahu secara bergantian.
Kelompok satu terlihat mulai menjelakan materi yang telah di dapat dari pasar kepad penjaga stand yang anggota kelompok lain. kelompok satu mulai menjelaskan informasi tentang apa itu Mitokondria, Ribosom, Membran sel, Badan golgi dan Lisosom. Begitu pun kelompok dua dan tiga mereka menjelaskan materi-materi organel sel yang tidak ada dlam poster mereka. Dan kempbali melihat poster mereka masing-masing.


Tahap V ( 10 menit)
            Semua catatan,  poster dan materi sumberorisinil disingkirkan. Tes ini dilakukan dibawah kondisi ujian, secara individu dan tenang.
Ø  Simulasi Tahap V
            Guru memberikan tes berupa pertanyaan-pertannya seputar materi yang telah diketahu oleh siswa dalam poster-poster yang ada. Bunyi pertanyaan seperti apa itu Membran sel dan fungsinya, apa itu nukleus beserta fungsinya, dan lain-lain seputar materi yang telah dibahas dalam poster-poster yang ada.
Tahap VI ( 5 menit)
            Dalam tiap kelompok siswa sekarang menggabungkang pikiran mereka bersama untuk untuk melihat jika mereka dapat memperoleh jawaban yang lengkap dan akurat di antaera mereka. Penting bahwa mereka tidak tahu tahap ini diawal.
            Akhirnya, guru mebahas tes, dengan perhatian pada pertanyaan-pertanyaan yang pada umumnya dianggap sulit oleh kelompok. Untuk tiap pertanyaan sulit guru mrminta sukarelawan untuk mencoba menjawabnya.
Ø  Simulasi Tahap V
            Pada tahap ini siswa memberikan pikiran-pikiran tentang materi yang telah dibahas kemudian menyimpulka materi yang telah dibahas.

            Ada siswa tidak memahami materi yang telah dibahas lalu guru mulai menerangkannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Provesi (Masalah Pendidikan)

Makalah Bukti-bukti Evolusi

Tugas Makalah Bahasa Indonesia (Sejarah Perkembangan Bahasa Indonesia)